Search

Filling Cabinet Peralatan Kearsipan

Filling Cabinet Peralatan Kearsipan - Filing cabinet ada pula yang menyebut file cabinet adalah perabot kantor berbentuk persegi empat panjang yang diletakkan secara vertikal (berdiri) dipergunakan untuk menyimpan berkas-berkas atau arsip.

Filling Cabinet Peralatan Kearsipan

Filing cabinet terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
1. Dinding atau badan filling cabinet selain berfungsi sebagai rangka juga berfungsi melindungi arsip yang ada didalamnya.
2. Laci untuk menaruh atau meletakkan arsip-arsip yang akan disimpan didalamnya. Pada laci terdapat bagian-bagian sebagai berikut :
– Alat untuk menarik laci apabila laci akan dibuka,
– Tempat untuk menaruh tanda/kode/indeks yang menunjukkan isi yang ada didalamnya,
– Saluran yang terdapat didalamnya, memanjang dari depan kebelakang. Didalam saluran ini penahan guide dipasang atau dimasukkan.
– Sepasang gawang yang dipasang dikanan-kiri bagian atas, memanjang kebelakang sepanjang lacinya. Gawang ini berfungsi untuk menyangkutkan folder gantung apabila arsip-arsip ditampung didalam folder gantung.

Pada umumnya filling cabinet terdiri dari 4 laci, tetapi ada pula yang terdiri dari 5 atau 6 laci tersusun kebawah. Susunan vertikal laci-laci filling cabinet dimulai dari laci paling atas kebawah. Filling cabinet disusun secara berjajar, sehingga susunan laci-laci berurutan.

Setiap laci dapat memuat warkat atau arsip sebanyak 3500-4000 lembar, yang dihimpun didalam folder-folder. Penyimpanan arsip (yang dihimpun didalam folder-folder) didalam laci file cabiner sebaiknya jangan terlalu sesak/ketat atau padat, tetapi hendaknya diberi jarak atau ruang yang longgar untuk memudahkan memasukkan dan mengeluarkan folder-folder. Apabila susunan folder didalam laci file cabinet terlalu padat, folder-folder sulit diambil atau dimasukkan kembali, sehingga akan merusakkan folder dan arsip. Sebagai standar pada umumnya panjang laci filling cabinet adalah 71-72 ½ cm.

Filling cabinet dapat dibuat dari kayu, logam atau ada pula yang terbuat dari stell filling cabinet. Filling cabinet yang dibuat dari logam lebih praktis, lebih kuat, tahan lama, tahan panas/api dan air. Oleh karena itu arsip yang disimpan didalam fillling cabinet tidak mudah lembab.

Model fillling cabinet ada beberapa macam. Ada fillling cabinet yang berlaci tunggal, artinya fillling cabinet itu terdiri dari susunan laci tunggal. Ada pula fillling cabinet yang berlaci ganda, artinya fillling cabinet itu sendiri dari susunan laci ganda, ada pula horizontal plan file cabinet untuk menyimpan gambar. Maka dari itu filling cabinet peralatan kearsipan yang banyak digunakan oleh banyak pengguna di kantor dan di rumah.