Search

Tips Menata Meja Kantor

Tips Menata Meja Kantor  - Bagi wanita yang bekerja, kantor merupakan rumah kedua. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena sehari-hari mereka menghabiskan waktu di kantor, dari pagi hingga sore bahkan hingga malam mereka berada di kantor, terutama berada di meja kantor. Seperti layaknya rumah, mereka harus merasa betah dan nyaman berada di sana. Mereka pun harus merawat meja kantor selayaknya merawat rumah. Merawat disini dalam artian membuat meja kantor mereka tertata rapi.


Bagi sebagian orang, meja kantor yang tertata rapi akan membuat lebih nyaman dan bersemangat untuk mengerjakan tugasnya sehingga akan meningkatkan produktifitas kerja. Dan bila semuanya tertata rapi di meja kantor, anda pun tidak perlu bingung mencari-cari jika membutuhkan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Waktu anda pun tidak akan terbuang sia-sia untuk melakukan hal-hal yang tidak perlu. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan bisa pulang dengan on time. Buat anda wanita bekerja, anda bisa mencoba cara menata meja kantor berikut agar kerja anda nyaman:

 * Lakukan pembersihan total. Langkah pertama untuk menata meja kantor agar lebih nyaman untuk bekerja adalah melakukan pembersihan total pada meja kerja. Usahakan untuk membersihkan meja kerja dari barang-barang yang kurang fungsional karena hanya akan membuat meja kerja lebih mudah berantakan.

 * Atur barang secara sistematis. Untuk mendapatkan meja kerja kantor yang nyaman, anda harus menata barang yang ada disekitar meja kerja dengan baik pula. Atur file yang ada dengan sistematis agar mudah dicari dan terlihat rapi. Selain mempermudah saat anda memerlukan file tersebut, mengatur file dengan sistematis juga akan mengurangi tumpukan kertas yang mengganggu pemandangan meja kerja anda. Jika terbiasa memakai sticky notes, sediakan tempat khusus untuk menempelnya agar meja kerja tetap terlihat rapi dan lebih nyaman untuk digunakan.

* Pakai furniture yang sesuai. Furniture yang baik untuk kantor adalah yang sederhana namun fungsional. Desain minimalis, misalnya, menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan meja kerja kantor yang tidak hanya gaya, tetapi juga mendukung pengerjaan tugas kantor.

* Hindari makan di meja kerja. Banyak orang yang tidak sadar jika makan atau mengemil di meja kerja membuat ruangan kerja mereka lebih cepat kotor dan berantakan. Jika memang anda terpaksa makan di meja kerja kantor, alasilah meja anda dengan serbet agar meja tetap bersih dan rapi setelah anda makan. Cara tersebut juga efektif untuk menghemat waktu untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin tercecer saat anda makan.

* Sediakan tempat sampah didekat meja kerja. Hal sepele ini seringkali dilupakan oleh banyak orang. Padahal dengan menempatkan tempat sampah ditempat yang mudah dijangkau, anda akan tersugesti untuk langsung membuang sampah yang ada di meja kerja kantor anda. Setidaknya teknik ini akan mengurangi sampah-sampah kecil yang tercecer di sekitar meja kerja anda.

8 Agendakan kegiatan bersih-bersih meja kerja secara rutin. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar meja kerja kantor anda tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya. Meja kerja yang bersih dan rapi tentu akan membuat anda lebih bersemangat dan lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan anda.

Selain tips diatas, masih ada beberapa tips tambahan dalam menata meja kantor. Jika anda menggunakan komputer atau laptop di meja kantor, usahakan untuk menampilkan sedikit mungkin icon di desktop. Tidak hanya lebih rapi dan praktis, hal ini juga akan menghilangkan kesan tak teratur. Selain itu, atur laci dengan sistematis. Dengan memanfaatkan laci yang ada, sudah barang tentu meja kantor akan terlihat lebih lapang dan nyaman untuk bekerja. Sangat disarankan untuk langsung merapikan meja kerja setelah selesai dipakai. Dengan demikian, anda dapat langsung memulai pekerjaan esok hari dengan mood dan semangat baru.

Meja kantor yang rapi, nyaman, bersih dan mendukung pekerjaan pasti akan membuat anda betah dan dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik, sehingga produktifitas kerja anda akan semakin meningkat. Maka jagalah meja kantor anda agar selalu tertata. Silahkan dicoba ya tips-tips diatas..